Portal Puskesmas Kota Depok

UPTD Puskesmas Pengasinan
Puskesmas
  • Puskesmas Pengasinan
  • Berita Kegiatan
2021-11-10 08:48:48

SOSIALISASI APLIKASI E-PPGBM BAGI KADER POSYANDU KELURAHAN PENGASINAN

  • Aplikasi elektronik-Pencatatan dan Pelaporan Gizi Berbasis masyarakat (e-PPGBM) merupakan pencatatan dan pelaporan berbasis masyarakat dengan teknologi elektronik. Dengan aplikasi tersebut, dapat merekam data individu dan hasil penimbangan, terutama di Posyandu serta mengolah hasil input data tersebut menjadi status gizi.

    Sosialisasi Aplikasi e-PPGBM dilaksanakan oleh UPTD Puskesmas Pengasinan di Aula Puskesmas pada tanggal 09 November 2021. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka mengoptimalkan deteksi dini masalah gizi pada balita, sehingga dapat melakukan intervensi sesuai kondisi. Selain itu, juga bisa mempertahankan status gizi yang sudah baik atau normal melalui konseling gizi, penimbangan rutin dan pengasuhan yang baik.

    Kegiatan sosialisai Aplikasi e-PPGBM ini diikuti oleh 18 orang perwakilan kader Posyandu wilayah Kelurahan Pengasinan. Acara ini di mulai dengan pembukaan sekaligus pemaparan materi sosialisasi Aplikasi e-PPGBM oleh Anita Yuningsih, S.Gz sebagai penanggungjawab program Gizi.

    Dalam kegiatan ini kader posyandu diajarkan bagaimana cara menginput data balita dan pemanfaatan data e-PPGBM. Kelebihan Aplikasi e-PPGBM yaitu :

    1. Data balita by name by address tersimpan dengan rapi

    2. Balita yang bermasalah gizi lebih cepat diketahui datanya by name by address

    3. Penanganan masalah gizi pada balita lebih cepat

    Sehingga diharapkan setelah sosialisasi Aplikasi e-PPGBM ini kader kesehatan posyandu dapat menginput data balita dan hasil penimbangan pada setiap jadwal Posyandu agar status balita dapat cepat diketahui.

Download File