Portal Puskesmas Kota Depok

UPTD Puskesmas Pengasinan
Puskesmas
  • Puskesmas Pengasinan
  • Artikel Kesehatan
2023-04-26 09:04:16

AYO BEBAS MALARIA!

Malaria adalah penyakit menular yang berhubungan dengan angka morbiditas dan mortalitas bayi, balita, dan ibu hamil. Jika orang dewasa telah terjangkit malaria maka hal tersebut akan menurunkan produktivitas. Kementerian Kesehatan RI telah menargetkan Indonesia bebas malaria ditahun 2030. Jumlah kasus malaria di Indonesia pada tahun 2021 sebesar 304.607 kasus, jumlah ini menurun jika dibandingkan jumlah kasus pada tahun 2009, yaitu sebesar 418.439. Sampai dengan tahun 2021, sebanyak 347 dari 514 kabupaten/kota atau 68% sudah dinyatakan mencapai eliminasi. Dalam rangka mencapai target Indonesia Bebas Malaria tahun 2030, maka dibuat regionalisasi target eliminasi (1).

Terdapat 5 regional yaitu regional pertama terdiri dari provinsi di Jawa dan Bali; regional kedua terdiri dari provinsi di Sumatera, Sulawesi dan Nusa Tenggara Barat; regional ketiga terdiri dari provinsi di Kalimantan dan Maluku Utara, regional keempat terdiri dari provinsi Maluku dan Nusa Tenggara Timur; dan regional kelima terdiri dari Provinsi Papua dan Papua Barat (1).

 

Cegah malaria dari sekarang. Kunci pencegahan malaria ada pada kebersihan lingkungan tempat tinggal. Pastikan tempat tinggal selalu dibersihkan secara rutin dengan air mengalir dan area penampungan air tidak dibiarkan terbuka. Cegah Malaria dengan Langkah Berikut (2):

1.      Membersihkan lingkungan sekitar dengan air mengalir

Bersihkan tempat tinggal Anda secara rutin menggunakan air mengalir untuk membersihkan peralatan rumah tangga.

2.      Menebar ikan pemakan jentik

Jika Anda memiliki tempat penampungan air seperti kolam, sebaiknya ditebarkan ikan pemakan jentik nyamuk.

3.      Menutup pembuangan air

Jika Anda memiliki bak penampungan air (untuk mandi atau minum), maka sebaiknya ditutup dan hanya dibuka saat digunakan.

4.      Tidur memakai kelambu

Meski tidur di ruang tertutup, namun kita tidak dapat benar-benar memastikan bahwa ruangan terhindar dari nyamuk. Maka dari itu, lengkapilah tempat tidur dengan kelambu atau kawat kasa. Lebih baik lagi apabila kelambu disemprot insektisida.

5.      Hindari aktivitas malam dekat dengan perairan.

Nyamuk malaria lebih aktif di malam hari. Hindari aktivitas dekat perairan (danau, sawah, sungai) di malam hari, terutama di daerah endemis malaria. Jika harus, gunakan pakaian tertutup (lengan panjang, sarung).

 

DAFTAR PUSTAKA

1.        Widyawati. Kejar Target Bebas Malaria 2030, Kemenkes Tetapkan 5 Regional Target Eliminasi [Internet]. Sehat Negeriku - Kementerian Kesehatan RI. 2022 [cited 2023 Apr 26]. Available from: https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/rilis-media/20220422/1439692/kejar-target-bebas-malaria-2030-kemenkes-tetapkan-5-regional-target-eliminasi/

2.        Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tular Vektor dan Zoonotik Kementerian Kesehatan RI. Cegah Malaria Sekarang! [Internet]. Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tular Vektor dan Zoonotik Kementerian Kesehatan RI. 2023 [cited 2023 Apr 26]. Available from: https://www.malaria.id/pencegahan

 

Download File